2 thoughts on “Diary

  1. Bapak/Ibu Yth,
    Pertanyaan saya : apakah limbah PV(PhotoVoltaic) modules atau limbah Solar Cell dapat digolongkan ke dalam limbah Bahan Berbahaya dan Beracun/B3. Sy menelusuri Peraturan Pemerintah No.101 tahun 2014 tentang pengelolaan limbah Bahan Berbahaya dan Beracun tidak menemukan tentang limbah PV module ini.
    Proses yang terjadi sehingga PV modules ini menjadi limbah adalah diakibatkan saat handling dan pemasangan di mounting structure nya yang mengakibatkan PV modules tersebut pecah/retak.
    Sudah saya baca MSDS (Material Safety Data Sheet) dari PV Modules tersebut dan tidak terdapat material yang membahayakan.
    Mohon pencerahannya.

    Salam dan terima kasih

    • Kalau pemahaman saya salah tentang PV module atau solar cell tolong dikoreksi. Saya membayangkan solar cell seperti yang banyak di pasang gedung2 atau rumah. Menurut saya termasuk limbah B3 karena material / bahan kimia dari benda tersebut. Selain itu bisa dilihat pada PP No 101 Tahun 2014 Lampiran 1 TABEL 3. DAFTAR LIMBAH B3 DARI SUMBER SPESIFIK UMUM No. 28. Coba di sharing MSDS nya untuk diskusi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s