About Novie

Nama lengkap Novie Ardhyarini dan biasa dipanggil Novi. Lulusan Kimia FMIPA UI angkatan 98. Pekerjaan menjadi pns di Kementerian ESDM,  PPPTMGB ‘LEMIGAS’ KP3 Teknologi Proses Kelompok Teknologi Lingkungan. Pengalaman sebagai analis sejak tahun 2005. Tapi masih banyak juga yang harus dipelajari baik dari senior atau baca-baca literatur. Nulis blog ini supaya bisa berbagi pengalaman dan belajar nulis. Karena selain analis, jabatanku adalah peneliti. Masih peneliti pertama dan ini tingkatan paling bawah dari jenjang fungsional peneliti. Tugas pokok peneliti yach ngumpulin point dan point tertinggi di dapat dari membuat tulisan yang dimuat di jurnal terakreditasi LIPI.

Sebagai analis pernah ngerjain macam-macam diantaranya analisa hidrokarbon di gas alam dengan GC, analisa senyawa sulfur dengan GC, sampling gas, analisa sifat kimia di minyak bumi dan produknya yang alatnya menggunakan automatic buret seperti TAN, TBN, RSH, H2S dll, sampling air, sampling udara ambien, CHNS untuk hidrokarbon dan batubara, TCLP dll.

Penelitian malah lebih beragam lagi dari peningkatan mutu hasil pencairan batubara, tar batubara dan fraksi2nya; pemodelan buat lingkungan;  surfaktan;  aditif;  adsorbent, absorbent dll. Tulisan yang pernah dibuat kebanyakan berhubungan dengan peningkatan mutu tar batubara dan fraksinya dengan fokus pada prosesnya. Tulisan yang dimuat berjenjang tingkatannya dari Jurnal Tidak Terakreditasi, Proceeding biasa, Proceeding sesuai LIPI, Jurnal Terakreditasi LIPI. Keinginannya,  tiap membuat tulisan dapat dimuat di Jurnal dengan point yang tinggi. Target selanjutnya adalah membuat tulisan untuk Jurnal berbahasa Inggris. Target yang besar tapi Insya Allah bisa dicapai dengan berdoa dan berusaha.

Karena masih belajar kemungkinan ada kesalahan bisa terjadi dalam penulisan di blog ini. Jangan ragu untuk mengingatkan saya. Selamat membaca blog ini. Terimakasih

Novie

Iklan

16 thoughts on “About Novie

  1. Blognya keren juga ,,banyak pengetahuan baru buat gw …btw sering2 aja nulis dan publikasi supaya bisa naik fungsional peneliti nya

  2. novie, makasih ya udah di ajarin cara nguji TSS, bermanfaat banget untuk saya yang awam.
    saya bekerja di lab yang punya fasilitas limbah, jadi saya butuh banget pengetahuan tentang limbah.
    terimakasih ya nov…

    hari sakti

  3. halo kak . . saya imel mahasiswa teknik lingkungan yang sedang menempuh skripsi. kebetulan skripsi saya tentang analisis SO2 dan NO2 di udara ambien tapi saya terkendala bahan seperti pararosanilin dan NEDA karna saya menggunakan panduan SNI yang memang bahannya sangat banyak. ada referensi nggak kak untuk dapetin bahan bahan itu ? tapi yang eceran. kebetulan saya tinggal di jogja dan udah nyari” tapi nggak ada yang ngecer. mungkin kakak bisa bantu infonya. terima kasih kak 🙂

    • Pararosanilin dan NEDA di sigmaaldrich ada. Tapi saya engga pernah beli eceran untuk bahan kimia. Biasanya langsung beli di distributor resminya.

  4. Halo, selamat siang. Perkenalkan, nama saya Michael, seorang mahasiswa UI juga jurusan akuntansi. Saya mau tanya mengenai pembelian barang dari Amazon, terutama terkait kurs yang digunakan dan biaya yang ditagihkan sebenarnya ke kita. Apakah saya bisa meminta email Mbak Novi untuk ngobrol lebih banyak mengenai ini? Terimakasih.

  5. halo mbak novie. saya wilza, guru di SMK-SMAK Bogor (SMAKBO),SMK dibawah Kemenperin yang jurusannya khusus analis kimia. Kebetulan sy pegang Analisis Parameter Lingkungan, dan 2tahun ini kami banyak dapat bantuan alat lingkungan. Hingga sekarang lebih dr 20 jenis alat baru, mulai dari alat sampling (udara dan air) hingga alat analisis. nah, 2th ini kemasan pembelajaran yg kami berikan kpd siswa masih blm maksimal krn kami terbatas dg teori pengantar pd masing-masing alat, sangat terbatas dalam mendapatkan buku bahkan jurnal. selama ini kami mengacu pada SNI, dan alhamdulillah kami bisa dptkan sedikit sekali teori/prinsip dasar alat. dari sedikit pemaparan ini, apakah mbak novie ada saran ttg pembelajaran kami agar yang kami berikan pada siswa bisa tepat guna saat mereka kerja nanti?

    • Bagus sekali dapat alat2 untuk analisa sampel lingkungan. Pembelajaran teori dan prinsip dasar alat sudah benar untuk diajarkan. Lebih bagus kalau diperbanyak praktek penggunaan alat-alat tersebut di lapangan langsung dengan lingkungan yang berbeda. Selain itu bisa ditambahkan pengenalan peraturan2 lingkungan yang berhubungan dengan penggunaan analisa tersebut seperti baku mutu air, baku mutu udara dll. Hal ini akan berguna kalau nanti mereka bekerja di laboratorium lingkungan. Itu saja saran dari saya. Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s