Validasi Metode Uji Cepat (Rapid Test Kit)

Bagi yang sering membaca di blogku tentu tahu kalau aku pernah menulis tentang menggunakan test kit merck untuk analisa  Nitrogen dioksida (NO2) di Udara Ambien. Kalau lupa atau belum pernah baca silahkan ke halaman ini.

Diakhir tulisan itu aku menyarankan untuk dilakukan validasi jika menggunakan test kit tersebut karena ruang lingkup diluar metode test kit untuk analisa air jika digunakan untuk analisa udara ambien. Itu alasan pertama saat aku membuat tulisan tersebut. Ternyata ada alasan lain yang baru aku tahu hari ini yaitu test kit adalah metode standar yang dimodifikasi oleh pabrikan pembuat peralatan maka sesuai SNI ISO/IEC 17025: 2008 maka metode ini harus divalidasi. Alasan lain mengapa suatu metode harus divalidasi bisa dibaca ditulisan ini.

Pada akhirnya penggunaan metode test kit tetaplah harus divalidasi. Bila dibandingkan dengan metode konvensional maka validasi menggunakan test kit akan lebih cepat. Selain itu akan lebih sempurna lagi jika dilakukan uji banding dengan metode standar menggunakan Certified Reference Materials (CRM).

Informasi ini aku ketahui karena ikut one day seminar “Rapid Test for Accredited Lab” PT Merck Chemicals and Life Science. Walaupun diselingin iklan produk dan peralatan dari merck tapi ada bagian dari seminar yang memberikan pengetahuan yaitu validasi metode uji cepat (rapid test kit) yang dibawakan oleh pak Anwar Hadi. Ternyata pak Anwar Hadi punya website yang bisa dikunjungi untuk belajar tentang validasi dkk. Silahkan mampir ke websitenya dan bisa diklik disini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s