Belanja Buku di Amazon Itu Mudah

Pernah beli buku dari Amazon engga ? Kalau belum, kali ini aku mau berbagi pengalaman untuk beli buku dari Amazon. Sebelumnya aku kalau beli buku import biasanya lewat bukabuku.com tapi kali ini mau coba pesan sendiri ke Amazon. Syarat utama untuk beli buku di sana yach punya kartu kredit yang valid. Kenapa juga berani coba yach karena pengalaman beli buku dari Korea dan DVD dari Hongkong berhasil sampai ditangan. Terus berpikir kenapa engga coba beli buku aza dari Amazon. Khan buku tersebut bisa jadi referensi penelitianku. Total dua kali aku pesan dari sana. Karena pertama kali aku coba pesan buku yang harganya di bawah USD 50. Karena nominalnya kecil jadi kalau engga sampe yach ikhlas aza dan engga kena pajak. Pesan tanggal 19 Desember 2013 dan alhamdulillah engga sampai sebulan sudah aku terima langsung di kantorku. Karena berhasil maka coba pesan untuk yang kedua. Oh yach sampai lupa saat pesan di Amazon pastikan di bagian International Shipping AmazonGlobal Eligible di centang. Ini untuk memastikan pengiriman bisa internasional . Cara pesannya mudah. Daftar anggota di Amazon (ini gratis loh), pilih buku yang mau dibeli, pilih cara pengiriman (Standard International Shipping (averages 18-32 days), ini yang paling murah), bayar dengar kartu kredit dan selesai. Kemudian muncul seperti ini di email kita :

Amazon

Bila kita salah order atau mau membatalkan order, masih mudah. Soalnya aku pernah engga sengaja order buku yang sama dulu kali. Kalau kayak gitu tinggal masuk ke account Amazon kita dan edit pesanan kita. Kalau buku kita sudah siap di kirim maka akan ada pemberitahuan di email kita seperti ini :

Amazon1

Kalau sudah nerima email ini order tidak bisa diubah tapi kalau sudah kita terima bukunya dan mau return ada mekanismenya tingga baca di account bagaimana caranya. Estimasi kapan kita terima bukunya juga ada. Tapi pengalamanku, abaikan saja tanggal tersebut. Soalnya bisa cepat atau lambat. Untuk buku yang kedua, aku perkirakan akan lebih lama karena harus lewat bea cukai karena harga bukunya di atas USD 50 jadi ada pajak yang harus dibayar. Walaupun pernah baca (lupa di mana ) kalau buku pengetahuan engga kena pajak lagi. Tapi itu engga masalah yang penting bukunya sampai. Pesan tanggal 11 Januari 2014 , estimasi tanggal 6 Februari 2014 sampai ke kita (atau sampai Indonesia). Tetapi 27 Februari 2014 baru sampai dengan cara ada surat dari pemberitahuan untuk mengambil paket di Kantor Pos Fatmawati dan kena biaya Rp 7.000. Kalau baca perincian biaya ternyata benar kalau buku tersebut engga kena pajak lagi. Akhirnya bukuku sampai di tangan. Ini surat pemberitahuan dari kantor pos, bukti pemotongan pajak dan bukuku.

Amazon2

Amazon3So jangan takut untuk belanja di Amazon. Harganya lebih murah kalau kita yang langsung beli sendiri tapi yach itu coba diikhlaskan kalau pesanan bukunya engga sampai dan ikhlas juga kalau harus ngambil di kantor pos sekalian bayar biaya tambahannya.

 

38 thoughts on “Belanja Buku di Amazon Itu Mudah

    • Tergantung jenis kecepatan pengiriman yang dipilih. Standard International Shipping – No tracking (averages 18-32 days);
      AmazonGlobal Expedited Shipping (averages 5-10 business days); AmazonGlobal Priority Shipping. Yang paling murah yang pertama dan dikirim lewat Pos Indonesia. Contohnya kemaren baru beli buku kena biaya kirim pake yang pertama USD 20,23. Emang sich nyampenya lama tapi Insya Allah sampe juga. Kalau kena pajak juga mudah bayarnya.

  1. Terima kasih banyak atas infonya. Aku baru pertama kali order di Amazon, Desember 2014 kemarin. Harusnya tanggal 22 Januari sudah sampai, tp sampai skr blm dateng juga. Agak deg-degan sih, soalnya udah aku tunggu-tunggu. Tapi setelah baca post ini jadi agak lega.😉

    • Sedikit tip kalau mau memesan buku lagi, usahakan (kalau tidak terpaksa) jangan memesan saat bulan desember. Biasanya pada bulan tersebut pengiriman padat sehingga paket lebih lama sampai tapi Insya Allah sampe juga🙂 cuman bikin deg2an. Terakhir pesan buku tgl 13 Januari 2015, estimasi sampe tanggal 13 Februari 2015 dan alhamdulillah tanggal 26 Januari 2015 sudah ditangan. Satu paket lagi masih sabar menunggu🙂

  2. untuk penulisan alamat nya gimana mbak? apakah juga menggunakan bahasa inggris? berarti pembayarannnya cuma bisa melalui kartu kredit gitu ya?

    • Engga perlu. Kalau aku pake bahasa Indonesia kayak kalau ngirim surat. Yang penting alamatnya lengkap, Insya Allah sampe ke kita. Ada beberapa cara pembayaran sich tapi mudahnya aku pake kartu kredit. Untuk info lengkapnya lihat di websitenya amazon langsung.

  3. kalo aku sukanya beli dari TBD, kadang TBD suka promo, harga buku semurah amazon tapi dengan Free shipping. sampenya kira2 2-3 minggu juga. lumayan banget, jdi sebelum beli aku kalkulasi dlu paling murah di amazon, TBD, periplus, atw open trolley atw book store lain. yg paling murah aku ambil.

    paling enak belanja buku memang tapi suka harap2 cemas, gak sampe2. hiks

  4. maaf mbak…saya lagi mencoba memesan buku bekas di amazon..tp kenapa ya saat sudah bagian shipping and payment alamat yang saya masukkan tidak melayani pengiriman..dan saya coba untuk jenis buku laiinya jg gagal…
    trims

    • Aku juga mengalami hal yang sama kalau mau membeli buku bekas di amazon. Kemungkinan karena untuk buku bekas tidak melayani pengiriman ke Indonesia. Untuk buku baru saja terkadang tidak melayani pengiriman ke Indonesia. Sehingga perlu di cek lewat International shipping –> ship to Indonesia untuk mengetahui bisa engga di kirim ke Indonesia.

  5. saya ngga setuju sama pernyataan “yach itu coba diikhlaskan kalau pesanan bukunya engga sampai”.. menurut saya itu absurd.. kalau buku tidak sampai ya harus diperjuangkan donk? kontak amazonnya aau gimana gitu?

    • Itulah resiko belanja online. Karena banyak faktor kemungkinan buku engga sampai ke kita. Ditambah kalau kita pilihnya ongkos kirimnya paling murah (contohnya : Standard International Shipping ). Dari Amazon pasti menginfokan barang pesanan kita sudah dikirim. Selanjutnya tergantung nasib (Amazon sudah kirim dan kita pesan langsung, mau kontak siapa lagi. Kecuali kita menggunakan orang ketiga saat pesan) . Selama ini, pesananku selalu sampai cuman waktunya terkadang tidak sesuai estimasi. Pernah satu kali kontak dengan Amazon karena pesanan yang dikirim lebih banyak dari yang dipesan dan akhirnya jumlah yang berlebih itu gratis buat kita alias tidak perlu dikembalikan.

    • bukunya atau pajak atau yang lain ? kalau bukunya khan bayarnya menggunakan kartu kredit, tinggal dibayar kalau sudah ada tagihan dari bank. Kalau pajaknya, engga kena. Sedangkan biaya satunya lagi dibayar cash saat mengambil paketnya di kantor pos.

    • Kayaknya tidak ada metode transfer kecuali belinya menggunakan pihak ketiga. Kartu kredit tinggal pinjam punya teman dan kamu tinggal bayar sesuai tagihan ke temanmu itu.

    • Tulis saja seperti biasa kamu menulis alamat sendiri (lengkap) dan gunakan bahasa Indonesia. Contoh
      Novie…..
      Jl.XX No.8 Rt 007 Rw 08 Kelurahan …. Kecamatan …. Jakarta… Kode pos … Indonesia.

    • Tulis saja seperti kamu menulis alamat sendiri (dalam bahasa Indonesia). Selama ini, alhamdulillah selalu berhasil. Kecuali barang tersebut tidak bisa dikirim internasional. Pastikan itu dipilih saat memilih barang.

  6. Hi, pernah belanja di Amazon UK belum? Saya cuman mau nanya, bukannya kalo kita belanja di Amazon itu bisa tracking yah walaupun pake standard shipping dan juga untuk pajak, saya baca di term and condition bukannya Amazon udah kerja sama di banyak negara (termasuk Indonesia) untuk biaya pajak? Jadi ga usah bayar pajak lagi. Gimana? Makasih

    • Saya belum pernah belanja di Amazon UK. Seharusnya sama saja prosesnya ama Amazon US. Standar internasional shipping yg di Amazon bekerja sama dengan kantor pos di Indonesia.Pengalaman kemaren tidak pernah diberi tahu nomer untuk tracking dan cuman diberitahu barang sdh dikirim. Soal pajak, jika memilih standar internasional shipping biasanya tidak termasuk pajak jadi kita yg bayar pajaknya di sini. Pajak bisa dibayar ditempat kantor pos tempat ambil barang kita. Setidaknya itu pengalamanku sampai terakhir aku belanja di Amazon. Semoga bisa membantu. Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s