Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan tumpahan minyak menyebar

• Tegangan permukaan adalah ukuran daya tarik antara molekul permukaan cairan. Semakin tinggi tegangan permukaan minyak , semakin besar kemungkinan tumpahan akan tetap di tempat . Jika tegangan permukaan minyak rendah , minyak akan menyebar bahkan tanpa bantuan dari angin dan arus air . Suhu yang meningkat dapat mengurangi tegangan permukaan cairan ini sehingga  minyak lebih mungkin untuk menyebar di perairan lebih hangat daripada di perairan yang sangat dingin.

• Spesifik gravitasi adalah densitas zat dibandingkan dengan massa jenis air. Karena sebagian besar minyak lebih ringan dari air , mereka mengapung di atasnya . Namun, berat jenis tumpahan minyak dapat meningkat jika zat ringan dalam minyak menguap . Heavy oil , minyak nabati , dan lemak hewani dapat tenggelam dan membentuk tar balls  atau dapat berinteraksi dengan batu atau sedimen di bagian bawah badan air .

• Viskositas adalah ukuran resistensi cairan yang mengalir . Semakin tinggi viskositas minyak , semakin besar kecenderungan untuk itu untuk tinggal di satu tempat . ( Madu adalah contoh cairan dengan viskositas tinggi )

Daftar Pustaka

http://www.epa.gov

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s