Penelitianku Tahun 2013

Sebagai pegawai di litbang migas tentu terlibat di penelitian. Tahun 2013 ini, aku terlibat setidaknya dua kegiatan penelitian yaitu hidrokracking tar batubara dan absorbsi kimia CO2. Penelitian pertama sudah lama ikutnya, sudah tahun kelima. Targetnya mau lebih dari 10 tahun😉. Kalau ini bercanda loh. Mudah2an dua tahun lagi selesai. Harusnya penelitian ini dilakukan tahun kemaren berhubung ada masalah jadi istirahat satu tahun. Tapi tahun kemaren tetap ada penelitian tar batubara sebagai minyak bakar. Engga jauh2 dari tar dech. Dua tahun lalu sudah juga dilakukan hidrokracking. Bedanya dengan tahun ini adalah direaktornya.

Penelitian kedua adalah absorpsi kimia CO2. Ini adalah penelitian di kelompokku. Sepertinya pernah cerita, penangkapan CO2 bisa dilakukan dengan adsorpsi, membran, absorpsi,  dll. Dua cara  yang pertama sudah dilakukan penelitiannya dan masih berlangsung tahun ini. Kami mengambil yang ketiga yaitu absorpsi kimia. Karena ilmu baru jadi harus banyak membaca literatur biar wawasannya nambah. Sehingga tulisan diblogku akan kebanyakan tentang dua penelitian tersebut dan dihubungkan dengan kimia lingkungan.

Akhir kalimat, kalau ada yang mau diskusi tentang dua penelitian diatas silahkan kontak emailku. Kalau menyalin dan dipergunakan untuk publikasi atau sejenisnya  setidaknya tulis reference atau daftar pustakanya  yach🙂. Selamat membaca.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s