Peralatan Laboratorium Paling Sulit Menurutku

Sebagai analis, aku pernah menggunakan berbagai peralatan laboratorium diantara GC FID, Autotitrator, Combustion Analyzer, TN/TS Analyzer dan Spektrofotometer UV-VIS.

Menurut pendapatku alat yang paling sulit adalah yang terakhir yaitu Spektrofotometer UV-VIS mulai dari pake alatnya, preparasi sampel, pembuatan kurva standar, analisa sampelnya.

Masalah pertama, menggunakan alatnya. Kalau menghidupkan dan mematikan itu gampang. Ini yang berat adalah mempersiapkan alat tersebut untuk analisa. Kita harus yakin alat tersebut berfungsi baik dan caranya dengan mengkalibrasinya. Kalibrasi di spektrofotometer yaitu kalibrasi panjang gelombang (presisi-akurasi), kalibrasi absorban (presisi – akurasi) dan kalibrasi sinar sesatan. Belum juga harus melakukan verifikasi (ujuk kerja) alat untuk pengecekan rutin. Alat lain pasti melakukannya tapi tidak ada yang serumit spektrofotometer UV-VIS.

Masalah kedua adalah preparasi sampel. Sepengetahuannku sampel untuk spektrofotometer UV-VIS tidak ada sampel yang langsung diukur. Harus dipreparasi dulu dengan bahan kimia yang cukup banyak. Penambahan bahan kimia disini memang tidak banyak tapi keahlian analis sangat diandalkan dalam menimbang dan memipet. Butuh ketelitian dan kesabaran tingkat tinggi🙂

Masalah ketiga pembuatan kurva standar. Ini juga vital banget dan sangat mempengaruhi hasil. Jadi diulang lagi kata2nya keahlian analis sangat diandalkan dalam menimbang dan memipet. Butuh ketelitian dan kesabaran tingkat tinggi🙂. Sedikit salah saja, maka kurva standar yang dihasilkan berantakan.

Masalah keempat analisa sampel. Ini sebenarnya masalah juga tapi bingung mau cerita yang mana🙂

Kesimpulannya, aku harus banyak belajar menggunakan spektrofotometer UV-VIS. Karena sampel dilingkungan banyak menggunakan alat itu mulai parameter kualitas air, parameter kualitas udara ambien dll. Beruntung di laboratorium menggunakan alat produksi merck dan bahan kimia merck (tes kit).

Pharo300

http://www.merckmillipore.com

Jadi lebih mudah. Selain itu ada juga alat dari Hach dengan bahan kimia tes kit juga. Lebih dipermudah kerjanya. Akhir kata, salut buat analis yang memegang alat ini untuk pekerjaanya🙂

Daftar Pustaka

Bagian kalibrasi ngambil dari modul teman yang ikut kursus di RCChem Learning Centre tentang Pengecekan Kalibrasi Antara dan Verifikasi Peralatan dalam Laboratorium Pengujian.

4 thoughts on “Peralatan Laboratorium Paling Sulit Menurutku

    • Kalau menggunakan test kit (Hach, Merck dll) untuk spektrofotometer itu mah mudah. Tapi kalau sudah yang konvensional seperti mesti buat larutan standar, bikin kurva kalibrasi, preparasi sampel dll itu baru rumit. Balik lagi, itulah seninya bekerja di laboratorium🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s