Kecerahan dengan Secchi Disk

Secchi disk adalah disk hitam dan putih yang diturunkan ke dalam air dengan tangan hingga  kedalaman di mana ia menghilang dari pandangan. Jarak menghilang kemudian direkam. Air yang jernih , jaraknya semakin besar.

Secchi Disk

Gbr. Secchi Disk (http://www.geoscientific.com)

Secchi  disk  mudah digunakan dan murah. Untuk pemantauan sungai,  secchi disk memiliki penggunaan yang terbatas, namun, karena umumnya dasar sungai akan terlihat dan disk tidak akan mencapai titik hilang. Sungai yang dalam dan kecepatan lambat adalah tempat yang paling tepat untuk pengukuran Secchi disk yang walaupun saat ini disk harus sangat berat sehingga tidak bergoyang sehingga membuat pengukuran sulit. Interval meter di tali dapat ditandai (misalnya, dengan lakban) untuk kemudahan penggunaan. Untuk mengukur kejernihan air dengan Secchi disk:

  • Periksa untuk memastikan bahwa Secchi disk terpasang benar di     tali
  • Bersandar ke sisi perahu dan menurunkan Secchi disk ke dalam air, menjaga punggung Anda ke arah matahari untuk memblokir silau.
  • Turunkan disk sampai hilang dari pandangan. Menurunkannya sepertiga meter dan kemudian perlahan-lahan meningkatkan disk sampai terlihat kembali. Gerakkan disk ke atas dan ke bawah sampai titik hilang yang tepat ditemukan.
  • Pasang jepitan di tali pada titik tali masuk ke air. Catat pengukuran pada lembar data Anda. Ulangi pengukuran akan menghasilkan kontrol terhadap kualitas analisa

Daftar Pustaka

www. epa.gov

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s