Teknologi Penangkapan CO2 dengan Absorpsi Kimia

Tahun baru penelitian baru. Tahun ini terlibat di salah satu penelitian teman satu kelompok yang berhubungan dengan teknologi penangkapan CO2. Teknologi pemisahan dengan post-combustion capture diantaranya  adsorpsi, absorpsi fisika, absorpsi kimia, cryogenics separation dan membran.  Sebagai info di bagianku sudah ada penelitian yang berhubungan dengan adsorpsi dan membran. Kalau di kelompokku yaitu Teknologi Lingkungan biasanya berhubungan dengan inventarisasi CO2 kali ini akan berbeda. Kami akan menghasilkan sesuatu🙂

Sudah ada yang menggunakan adsorpsi dan membran. Maka kami menggunakan absorpsi kimia. Ini mungkin bukan penelitian baru karena sudah ada beberapa peneliti luar dan dalam negeri yang memulai. Tapi termasuk baru juga di dunia penelitian karena jurnalnya masih tahun 2010-an. Masih banyak yang bisa dikembangkan.

Absorpsi kimia melibatkan reaksi CO2 dengan pelarut kimia  untuk membentuk senyawa antara dengan ikatan lemah sehingga dapat diregenerasi dengan cara dipanaskan untuk  memproduksi pelarut kimia dan aliran CO2. Selektivitas bentuk pemisahan ini relatif tinggi. Selain itu, aliran CO2 yang relatif murni dapat dihasilkan. Faktor-faktor ini membuat absorpsi kimia cocok untuk menangkap CO2 dari  gas buang industri.

Saatnya baca-baca literatur untuk penelitian ini 🙂

Daftar Pustaka

1). IPCC, 2005. Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) Special Report on Carbon Dioxide Capture and Storage. Cambridge University press, Cambridge, UK.

2). M. Wang, A. Lawal, P. Stephenson, J. Sidders, C. Ramshaw. Post-combustion CO2 capture with chemical absorption: A state-of-the-art review. Chemical Engineering Research and Design 89 (2011) 1609-1624.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s