Pemodelan Penyebaran Limbah Kegiatan Industri Migas

Hasil penelitian salah satu temanku di kelompok teknologi lingkungan yaitu Pak Bambang Wahyudi. Beliau sebagai ketua timmnya. Sedangkan aku sebagai anggota timnya bantuin dibagian kimianya🙂. Ini pengalaman pertama membuat pemodelan hingga menghasilkan software. Biasanya khan hanya memakai yang sudah jadi.

Pemodelan ini dibuat untuk mengetahui “nasib” limbah setelah dibuang ke perairan. Karena kami dari litbang migas berarti limbah hasil buangan industri migas. Lokasi untuk pemodelan menggunakan sungai donan di cilacap. Di sini khan ada industri migas. Langkah pertama tentu saja menentukan parameter fisika kimia  yang mau dijadikan pemodelan , membaca literatur yang berkaitan.  Parameter kimia yang dijadikan model adalah TPH (Total Petroleum Hydrocarbon). Salah satu limbah khas buangan industri migas. Hingga dibuatlah persamaan-persamaan untuk dimasukkan ke dalam pemodelan. Bagian ini  cukup sulit bagiku untuk mengerti. Kemudian diinterprestasi sama programer jadilah software ini. Penelitian ini baru tahun pertama jadi masih banyak yangg harus dilakukan seperti validasi dan verifikasi di lapangan. Tapi untuk penelitian tahun pertama tidaklah buruk khan  ?🙂 . Good Job. Penelitian ini tentu dapat bantuan dari pakarnya di lingkungan yaitu Pak Irwandi. Terimakasih atas kesabaran dalam membimbing kami Pak Irwandi🙂.

Sebagai tambahan, pemodelan ini tidak bisa diterapkan secara global ke setiap perairan. Karena di perairan yang dipilih sungai donan dan pengaruh pasang surut air laut sangat dominan di sungai ini. Maka kalau pembuangan di teluk , sungai tanpa pengaruh pasang surut tentu tidak bisa menggunakan pemodelan ini.

Penampilan softwarenya terlihat dibawah ini :

Software BW

Software BW1

Cukup bagus khan pemodelannya🙂

4 thoughts on “Pemodelan Penyebaran Limbah Kegiatan Industri Migas

    • Belum banyak yang aku tahu tentang pemodelan. Jadi mesti belajar banyak dulu. Kalau sudah mengerti, Insya Allah di share juga. Terimakasih sudah mampir🙂

    • Pertama untuk meluruskan dulu, saya bukan pak tapi ibu🙂. Di penelitian ini kami menghasilkan software. Perhitungan didalamnya kami yang menentukan (persamaan kimia, rumus dll) dan pihak ketiga yang menerjemahkan ke bahasa program. Jadi kami tidak menggunakan software komersil yang sudah ada di pasaran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s