Metalyser For Heavy Metals

Di tempatku hari ini kedatangan marketing suatu alat uji untuk lingkungan. Dulu pernah datang juga tapi sekarang ada kemungkinan untuk dibeli maka datang lagi. Untuk lebih menerangkan alat tersebut plus dengan pembuatnya langsung dari UK.

Alat itu untuk menganalisa logam berat di air dan tanah dalam range ppb. Logam berat disini adalah As, Au, Bi, Cd, Co, Cr, Cu, Fe, Hg, Mn, Ni, Pb, Sn, Zn. Sebagai pembanding, biasanya analisa logam berat khan pake AAS atau ICP. Alat tersebut mahal harganya, membutuhkan analis yang handal dan sarana pendukung untuk operasionalnya (infrastruktur). Waktu analisa juga lebih lama dari sampling, bawa ke laboratorium, preparasi untuk analisa, analisa baru dech dapat hasilnya.

Alasan di atas maka dikembangkan alat ini. Alat ini bisa lebih cepat dalam analisanya. Bisa dilakukan dilapangan maupun di laboratorium. Katanya waktu analisa yang dibutuhkan hanya sebentar sekitar 10 menit. Alat ini menggunakan metode Anodic Stripping Voltammetry. Kalau ditarik ke atas termasuk metode voltammetric. Di tarik ke atas lagi termasuk keluarga besar electroanalytical method. Selain voltammetry, ada potentiometry dan coulometry di bawah electroanalytical method.

Pendapatku, alat ini cukup bagus untuk analisa cepat dimana dibutuhkan untuk pengambilan keputusan yang cepat juga. Tapi tetap dibutuhkan perbandingkan hasilnya dengan alat yang  sudah mapan yaitu AAS atau ICP .

Detail tentang alat ini kalau alatnya sudah kebeli. Jadi bisa bicara banyak dari dasar teori sampe pengalaman menggunakan. Tunggu aza.

Daftar Pustaka
http://www.wikipedia.org

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s