SEKTOR MIGAS SIAP MELAPORKAN EMISI :GAS RUMAH KACA DAN KONVENSIONALNYA

Setelah melalui serangkaian pertemuan dan pembahasan, akhirnya sektor Minyak dan Gas Bumi (Migas) sepakat tentang metodologi perhitungan emisi gas rumah kaca dan emisi konvensional. Metodologi yang disepakati dari beberapa sumber-sumber emisi, seperti: Pembakaran Dalam, Pembakaran Luar, Flaring, Thermal Oxidizer, Incinerator, Unit Penangkap Sulfur, Fugitive, Tangki Timbun, Kegiatan Loading dan Unloading serta Unit Pelepasan Dehidrasi Glicol. Dengan kesepakatan tersebut maka dalam waktu dekat, metodologi tersebut akan ditetapkan menjadi Peraturan Menteri Lingkungan Hidup. Dengan demikian paling lambat bulan April 2011, jumlah emisi gas rumah kaca dan emisi konvensional seperti parameter SO2, NO2 dan Partikulat dari sektor Migas sudah dapat diketahui.

Metodologi perhitungan beban emisi dari kegiatan Migas ini penting untuk mendukung komitmen penurunan beban emisi sebesar  26% yang dicanangkan oleh Presiden Republik Indonesia. Industri minyak dan gas bumi mempunyai peluang besar untuk memberikan kontribusi penurunan beban emisi dari kegiatan reduksi flaring dan peningkatan efisiensi.

Pertemuan tersebut diadakan pada tanggal 29 Oktober 2010 di kota Solo dan dibuka oleh Deputi Menteri Negara Lingkungan Hidup Bidang Pengendalian Pencemaran Lingkungan Drs. M.R. Karliansyah, MS. Rapat pembahasan ini dihadiri oleh Tim Penyusun yang terdiri dari Indonesia Petroleum Association (IPA) yang terdiri dari PT. Pertamina Refinery Unit, PT. Pertamina Eksplorasi & Produksi, PT. Pertamina PHE-ONWJ, Medco Energy Indonesia, Badak NGL, Chevron Company Indonesia, Conoco Phillips, Total Indonesie, Exxon Mobil, Arun NGL dan perwakilan dari beberapa Industri Migas.
Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:
Asisten Deputi Urusan
Pengendalian Pencemaran Lingkungan Sumber
Pertambangan, Energi dan Migas,
Deputi MENLH Bidang
Pengendalian Pencemaran Lingkungan,
Kementerian Lingkungan Hidup
Telp: (021) 852 0886
asdeppemklh@yahoo.co.id

Sumber : http://www.menlh.go.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s