Adsorpsi Natrium Ratio (SAR)

Adsorpsi Natrium ratio (SAR) adalah ukuran kesesuaian air untuk digunakan dalam irigasi pertanian, ditentukan oleh konsentrasi padatan terlarut dalam air. Ini juga merupakan ukuran dari kebasaan tanah, ditentukan dengan analisis air yang diambil dari tanah.
Rumus untuk menghitung rasio natrium adsorpsi adalah:

SAR

dimana natrium, kalsium, dan magnesium dalam miliekuivalen / liter.
Walaupun SAR hanya salah satu faktor dalam menentukan kesesuaian air untuk irigasi, secara umum, semakin tinggi rasio adsorpsi natrium, air kurang cocok untuk irigasi. Irigasi dengan menggunakan air dengan SAR tinggi  memerlukan perubahan tanah untuk mencegah kerusakan jangka panjang untuk tanah.
Jika air irigasi dengan SAR tinggi diterapkan ke dalam tanah selama bertahun-tahun,natrium dalam air bisa menggantikan kalsium dan magnesium dalam tanah. Hal ini akan menyebabkan penurunan kemampuan tanah untuk membentuk agregat yang stabil dan hilangnya struktur tanah dan hasil panen. Hal ini juga akan mengakibatkan penurunan infiltrasidan permeabilitas air tanah yang akhirnya menuju masalah dengan produksi tanaman.

Sodium adsorption ratio. (2010, December 16). In Wikipedia, The Free Encyclopedia. Retrieved 14:31, January 3, 2011, from http://en.wikipedia.org/w/index.php?title=Sodium_adsorption_ratio&oldid=402752555

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s