GAS RUMAH KACA

Gas yang memerangkap panas di atmosfer sering disebut gas rumah kaca.

GHG

Beberapa gas rumah kaca seperti karbon dioksida terjadi secara alami dan dipancarkan ke atmosfer melalui proses alam dan aktivitas manusia. Gas rumah kaca lain (misalnya, gas fluorinated) diciptakan dan dipancarkan hanya melalui kegiatan manusia. Gas-gas rumah kaca utama yang masuk ke atmosfer karena kegiatan manusia adalah:
1. Karbon dioksida (CO2): Karbon dioksida memasuki atmosfer melalui pembakaran bahan bakar fosil (minyak, gas alam, dan batubara), limbah padat, pohon dan produk kayu, dan juga sebagai akibat dari reaksi kimia lain (misalnya, pembuatan semen ). Karbon dioksida juga dihapus dari atmosfer (atau “diasingkan”) ketika diserap oleh tanaman sebagai bagian dari siklus karbon biologis.
2. Metana (CH4): Metana dipancarkan selama produksi dan transportasi batubara, gas alam, dan minyak. Emisi Metana juga hasil dari ternak dan praktek pertanian lainnya dan oleh pembusukan sampah organik di kota tempat pembuangan sampah limbah padat.
3. Nitrous Oksida (N2O): Nitrous oksida dipancarkan selama kegiatan pertanian dan industri, serta selama pembakaran bahan bakar fosil dan limbah padat.
4. Gas fluorinasi: hidrofluorokarbon, perfluorokarbon, dan heksafluorida sulfur sintetis, gas rumah kaca yang kuat yang dipancarkan dari berbagai proses industri. Gas fluorinasi kadang-kadang digunakan sebagai pengganti bahan perusak ozon (yaitu, CFC, HCFC, dan Halons). Gas-gas ini biasanya dipancarkan dalam jumlah yang lebih kecil, tetapi karena mereka gas rumah kaca yang potensial, mereka kadang-kadang disebut sebagai High Global Warming Potential gases (“High GWP gases”).

Daftar Pustaka

http://www.epa.gov/climatechange/emissions/index.html

http://www.epa.gov/climatechange/science/index.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s