Arsen

Arsen adalah unsur metalloid  dalam tabel periodik. Unsur ini tidak berbau dan berasa. Unsur ini memasuki pasokan air minum dari endapan alam di bumi atau dari  pertanian dan industri.

Arsen digunakan sebagai pengawet kayu,  cat, pewarna, logam, obat-obatan, sabun, dan semi-konduktor.  Aplikasi pertanian, pertambangan, dan peleburan juga berkontribusi terhadap lepasnya arsenik ke lingkungan.

Beberapa orang yang minum air mengandung arsenik jauh melebihi dari Maximum Contaminant Level  (MCL) selama bertahun-tahun bisa mengalami kerusakan kulit atau masalah dengan sistem peredaran darah mereka, dan mungkin memiliki peningkatan risiko terkena kanker.

Berdasarkan peraturan menteri kesehatan nomor 492/Menkes/Per/IV/2010 tentang persyaratan kualitas air minum, arsen termasuk parameter yang berhubungan langsung dengan kesehatan. Kadar maksimun arsen yang diperbolehkan adalah 0,01 mg/l.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No 82 Tahun 2001 Tentang Pengelolaan Kualitas Air dan Pengendalian Pencemaran air Kelas satu yaitu air yang peruntukannya dapat digunakan untuk air baku air minum dan atau peruntukan lain yang mempersyaratkan mutu air yang sama dengan kegunaan tersebut kadar maksimum arsen yang diperbolehkan adalah 0,05 mg/l.

Berdasarkan Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. 51 Tahun 2004 tentang baku mutu air laut untuk biota laut kadar maksimun arsen yang diperbolehkan adalah 0,012 mg/l.

Analisa arsen di air dan air limbah menggunakan SNI 19-6989.54-2005 yaitu cara uji kadar  arsen (As) dengan spektrofotometer serapan atom (SSA) secara tungku karbon. Ruang lingkup metode ini untuk kadar  5,0 µg/l – 100,0 µg/l. Prinsip metode ini adalah contoh uji air dan air limbahn ditambahkan asam nitrat kemudian dilanjutkan dengan pemanasan yang bertujuan untuk melarutkan analit arsen dan menghilangkan zat-zat pengganggu, selanjutnya diukur serapannya dengan SSA tungku karbon dengan gas argon sebagai gas pembawa.

Daftar Pustaka

  1. http://www.epa.gov
  2. SNI 19-6989.54-2005 yaitu cara uji kadar  arsen (As) dengan spektrofotometer serapan atom (SSA) secara tungku karbon

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s